RSS

Ba’so Seuseupan

16 Jun

Another culinary in Bogor, setelah kapanan itu aku mengeksplor daerah Taman Kencana dan icip2 snack ringannya, kali ini aku sedikit merembet kedaerah Bantar Jati untuk menjelajahi keanekaragaman Baksonya.

Biasanya sih Yangti suka beliin aku Bakso BoBoHo, yang terletak diseberang ErHa Clinic, tapi menurutku rasanya biasa aja, mungkin karena nggak makan ditempat kali ya?

Nah, Sabtu kemarin, tanggal 11 Juni 2011, sepulang les aku dan seorang teman les pergi ke Mall Jambu Dua buat beli minuman dan dvd “murah”. Pas asyik ngobrol2 gitu sambil jalan, tiba2 Pipit, temanku itu bertanya dan terjadilah percakapan sebagai berikut :

Pipit : “udah pernah nyobain bakso seuseupan belum?”

Dioscurious : “apa? sesepan? bakso? daerah mana? kayak gimana?”

Pipit : “Bakso Seuseupan itu didaerah Bantar Jati, dekat kok dari Jambu Dua, menurutku sih rasanya enak, ada taburan tetelan gorengnya gitu”

Dioscurious : “ha? tetelan? kok digoreng? enak nggak tuh?”

Pipit : “menurutku sih enak, kuahnya juga enak”

Dioscurious : “ada bakso isi telornya nggak? tapi telor puyuh yah”

Pipit : “ada kok, ntar liat aja deh”

Dioscurious : “ok, ok, kita kesana”

Singkat cerita, dari Jambu Dua kita ke TKP dengan angkot nomor 8, turun, jalan kaki dikit, dan sampailah kita di TKP, Jl. Bangbarung Raya No.3, Bogor.

haha, masih ada kepala si Pipit di foto ini. yak, kita duduk dibagian diluar, yang berhias saung-saung bambu. melihat daftar menu yang tertempel dengan manis didinding saung, dan menimbang2 mau pesan apa : baso campur, mie baso spesial, baso urat spesial, baso telor spesial dkk.

Pipit pesan Baso Urat Spesial komplit, dan aku, karena bingung, nanya sama mas2 pelayannya bedanya spesial sama nggak spesial apa dan isinya apa aja. setelah penjelasan singkat dari masnya yang bilang isi basonya bakal kurang lebih berisi “mie kuning+bihun+toge+sayur+baso”, aku memutuskan memesan baso telor spesial, dengan mie kuning, tanpa bihun, sayur, ataupun toge dengan es teh manis minumannya.

nggak berapa lama kemudian.. taaraaa… basonya uda datang~~

hehe, lagi2 si Pipit nggak kena foto utuh, sorry Pit :p yak, inilah penampakan baso telor spesial saya dan es teh manisnya. seporsi baso telor spesial ini dibanderol harga 12rb, dan es teh manisnya seharga 3rb rupiah, sama dengan harga pesanan Pipit, seporsi baso urat spesial dan teh botol. wogh, keliatannya gede, tapi nggak gede2 banget kok, masih bisa membangkitkan selera makan dan, isinya benar2 telor puyuh sodara2 (setelah sekian lama saya nggak menemukan penjual baso dengan telor puyuh).

hmm.. saya penasaran dengan “tetelan goreng kering” yang dipromosikan Pipit, jadi, coba kita liat tampak dekatnya disamping kanan ini >>>>>>>>>>>>>>>>

tumpukan cokelat keemasan ditepi mangkok yang sekilas mirip dengan gorengan kecil2 ini adalah yang namanya tetelan goreng, semacam gajih sapi yang digoreng garing hingga renyah, sehingga mirip dengan rasa kerupuk rambak (kerupuk kulit sapi).

rasanya? hmm.. benar2 renyah gurih, seperti pengganti gorengan atau kerupuk.

yah, secara keseluruhan ba’so seuseupan ini boleh dibilang layak coba bagi penggemar bakso, jangan dilewatkan, karena baksonya empuk, benar2 sarat daging, nggak kebanyakan tepung, dan kuahnya juga berasa kaldu, bukan sekedar penyedap rasa.

es teh manisnya juga pas, nggak kemanisan, nggak pait, apalagi nggak pake gula buatan yang bikin rasanya jadi aneh.

hanya saja.. kenapa semangkok cuma dikasih 3 butir aja ya?:-p rasanya 4 adalah jumlah yang pas melihat ukuran mangkoknya.😀

oya, “seuseupan”, setelah saya tanya sama teman saya yang lain, memiliki arti “menghirup/dihirup” yang mungkin merujuk pada cara “menyeruput/menyesap” kuah baso dan mungkin mencium aroma kuah baksonya.

gimana dengan teman2? ada yang tertarik untuk mencoba?

SALVETE,

DIOSCURIOUS

v(^_________^)v

 
2 Comments

Posted by on June 16, 2011 in Icip-Icip ala Dioscurious

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

2 responses to “Ba’so Seuseupan

  1. fitr4y

    June 16, 2011 at 8:07 PM

    wah jadi ngiler nh .. minta dikit yuaaaaa …🙂

     
    • dioscurious

      June 17, 2011 at 3:02 PM

      kesini ajah.. tar saya belikan semangkok~~

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: